Gara-gara sorot mata

Dalam beberapa novel yang pernah aku baca, seringkali gestur mengangkat sebelah alis digunakan untuk menggambarkan bagaimana seorang cowok ber-image cool menanggapi sesuatu. Selama ini, aku mengira itu hanya terjadi dalam roman-roman khas remaja. I mean, efek sekeren apa sih yang ditimbulkan dari cowok yang hemat berkata-kata, yang hanya memberi tanggapan lewat gerak alis atau sorot mata sebagai gantinya? Bisa juga berupa gerak dagu untuk menyuarakan pertanyaan, “ada apa?” (semoga kamu mengerti maksudku). Astaga, memangnya bisa sekeren itu ya?

Pada sebuah peristiwa, seseorang membuatku percaya; efek keren itu benar-benar bisa memerangkapmu ke dalam sebuah pesona.

Dia cowok yang tak banyak bicara. Saat itu kami sedang berada di tengah keramaian, dengan banyak orang berseliweran. Sungguh, mulanya mata kami hanya bertabrakan tanpa sengaja, dalam jarak kira-kira dua depa. Alih-alih segera mengalihkan pandangan darinya, aku malah ingin mengetes seberapa kuat daya magnet yang bisa terjadi antara dua pasang bola mata. Ia tidak tersenyum, tidak pula mengucapkan apa-apa, hanya mengawasi dengan sorot elangnya. Selama beberapa detik, mataku terkunci pada miliknya.

Kemudian sebelah alisnya terangkat.

Aku tidak tahan lagi, mendengus menyembunyikan tawa. Kalah. Melalui gerak dagu, ia mengisyaratkan tanya “ada apa?”, yang kubalas dengan gelengan kepala. Sejak saat itu, aku melihat sosoknya dengan cara berbeda.

Hati-hati dengan mata manusia, sebab sorot tajam, teduh, atau apalah itu yang dibahasakan novel-novel, terkadang bisa membuatmu salah mengartikan maksud yang sebenarnya. Bisa juga mengaduk-aduk perasaanmu sehingga tiba-tiba saja mewujud kagum. Atau khayal yang meliar. Atau harap yang berlebihan.

Kalau tidak hati-hati, kagum yang kausimpan sendiri dalam hati akan larut berkepanjangan. Lalu kamu sadar, sudah terlambat untuk mempertahankan benteng. Kamu jatuh dalam kekaguman; diam-diam.

Sementara dia justru tak menyadari, ada hati yang jatuh kepadanya, hanya gara-gara sorot mata!

--

P.s.

This supposed to be posted on last December but I was feeling like a fool that noticed those silly things.... then if you ask me the reason why I publish this today hahaha maybe because I've decided to let the world know how I really have complicated thoughts! [I guess]

Have an adorable weekend, guys!


Posted in , , , , , , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

anaphalise - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.