Pages - Menu

Tuesday, August 29, 2017

Kalau pun ada kuncup yang tak mekar

[ Sebuah posting sudah lama yang mengendap sebagai draft. Sudah saatnya menjadikan postingan ini terbaca. Didorong oleh kecintaan terhadap puisi yang semalam diketuk kembali oleh Sanggar Lincak, hehe. ]

So... here it goes. Draft postingan sejak bulan April:

gambar dari sini

Saya baru nemu puisi bagus. Diposting di laman kibul.in. Puisi karya Sukandar.
Kalau pun ada kuncup yang tak mekar
: murniwangi

Kalau pun ada kuncup yang tak mekar, itu sebab luka cuaca,
gegar musim duhai jelita. Kelak ia akan bergegas datang lagi
tanpa gusar mengantar ruh-ruh yang tanggal karenanya

Ingatlah jelita, tak ada rindu yang terlantar, ia pun serupa
kuncup bunga yang akan senatiasa dikecup musim, menjadi
yang semestinya


Yk, 2007

Beeeeeh. Merinding nggak? Saya merinding. Semoga rindu saya lekas punya alamat tujuan. Kan, dia bilang, 'ingatlah jelita, tak ada rindu yang terlantar'. Hmmm. Wkwk.

Masih banyak puisi lain dari Pak Sukandar di laman itu. Ada yang ditujukan untuk istri, kisah perjuangan seorang ibu, ada pula yang memasukkan unsur cerita wayang. Berdasarkan catatan redaksi yang menyertai postingan itu, puisi-puisi Pak Sukandar memang bercerita tentang hidup dan perjuangan menjalaninya. Langsung saja menuju kibul.in kalau ingin baca lebih banyak, ya.

Anyway, kibul.in itu laman apa, sih? Dengan tagline 'bicara sastra dan sekitarnya', situs ini menyediakan ruang untuk menyuarakan karya-karya yang unik, kerap dikesampingkan, tetapi punya nilai penting dalam kehidupan. Karya-karya tersebut dapat berupa puisi, cerpen, opini, esai, maupun resensi. Keterangan ini saya teruskan dari tab 'Tentang' di kibul.in sendiri hehehe. Nah, yang saya tahu, kreator situs kibul.in adalah beberapa alumni Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Kesimpulannya? Saya kepingin upgrade bahan bacaan. Di satu sisi biar nggak melulu tercekoki fiksi romance, di sisi lain juga karena ingin cari bacaan yang nggak seberat materi antropologi. Kalau punya rekomendasi bacaan, cetak maupun maya, share ke saya boleh dong yaaa!

No comments:

Post a Comment